Modeling 3D Paving Block Menggunakan SketchUp

Modeling 3D Paving Block Menggunakan SketchUp

Modeling 3D Paving Block Menggunakan SketchUp merupakan teknik modeling untuk BIM ataupun juga bisa digunakan untuk rendering. Membuat model secara 3D tentu akan menguntungkan dimana Anda akan mendapatkan detail dari yang Anda buat dan juga bisa secara langsung menghitung kebutuhannya dengan sangat cepat.

Modeling 3D Paving Block Menggunakan SketchUp

Dalam video di jelaskan dua metode dalam modeling yaitu dengan teknik manual dan juga penggunaan plugin tambahan. Dimana teknik manual penuh menggunakan tools bawaan standart dari SketchUp itu sendiri. Sedangkan untuk teknik pro nya menggunakan bantuan plugin yaitu ada s4u Slice dan juga Floorgenerator.

Lihat video: Mengenal Plugin SketchUp s4u Paint

Kenapa harus memodelkan secara 3D? Kan bisa menggunakan 2D saja? atau Bisa juga menggunakan Texture saja? Ya. Memang bisa seperti itu, namun bila model yang Anda buat tambah nyata maka sepatutnyalah di modeling secara 3D sama seperti yang ada di dunia nyata yang tentunya akan memiliki nilai lebih didalamnya termasuk untuk bahan rendering ataupun BIM (Building Information Modeling).

Teknik Cepat Membuat Paving Block Menggunakan Floor Generator SketchUp

Di awal video tutorial memang dijelaskan membuat satu model paving block secara 3D yang kemudian di gunakan teknik copy paste untuk memperbanyak dan tidak lupa dalam mode komponen bukan group. Saat Anda melakukan editing pada satu model maka model yang lain akan ikut berubah dengan mudahnya.

Beli plugin: Plugin SketchUp s4u Slice

Floor Generator merupakan plugin gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses pembuatan paving block, dinding, keramik, parket dan lainnya yang tentunya akan sangat menghemat waktu Anda dalam proses modeling. Pada video tutorial di demokan bagaimana penggunaannya yang mudah untuk melakukan pembuatan paving dengan model sama seperti sampul video. Hanya saja Floor Generator memang memiliki kelemahan di beberapa object dimana saat melakukan modeling terdapat error atau model tidak terbentuk secara utuh. Ini mengakibatkan bentuk model yang tidak sempurna. Jadi, silahkan Anda pilih dan coba mana yang menurut Anda baik digunakan tekniknya.