Cara Install Plugin atau Extensi SketchUp

Cara Install Plugin atau Extensi SketchUp sebenarnya tidak terlalu sulit. Ya, memang bagian sebagian user terasa sulit karena belum paham. Pada artikel ini akan di ulas bagaimana proses instal plugin SketchUp. Artikel ini memiliki beberapa revisi sesuai update yang terjadi dengan SketchUp. Pasalnya versi lama SketchUp dengan versi terbaru memiliki perbedaan dalam proses instal.

Download Plugin atau Extensi SketchUp

Download Plugin sebelum proses instal tentu wajib di lakukan. Ya, tentunya Anda sudah tahu apa itu plugin SketchUp? Tentunya Anda juga sudah tau pusat download plugin SketchUp. Saat Anda menemukan artikel ini, Plugin SketchUp berganti nama menjadi Extension SketchUp. Pada SketchUp versi lama tentu Anda masih ingat betul nama menunya Plugin.

Baca juga: Download Plugin SketchUp

Extension Warehouse dan SketchUcation merupakan dua tempat download plugin. Tempat berkumpul para programer dan pengembang plugins SketchUp dari seluruh dunia. Di dua tempat tersebut Anda akan menemukan update terbaru. Bila Anda pernah mengalami Bug Splat pada SketchUp. Salah satu penyebabnya adalah plugin SketchUp yang usang atau tidak update. Extension Warehouse dan SketchUcation selalu up to date dalam informasi plugin SketchUp.

Extensions Warehouse dan SketchUcation

Extensions Warehouse merupakan wadah resmi untuk plugin atau extensi SketchUp. Sebagian besar developer plugin SketchUp mejangnya disini. Extensions Warehouse sendiri memiliki ribuan plugin SketchUp. Extensions Warehouse menyediakannya untuk semua bidang industri yang ada. Tentunya dengan Extensions Warehouse lebih memudahkan proses instal plugin SketchUp. Anda cukup terkoneksi melalui jaringan Internet. Buka Extension Manager dan login menggunakan akun yang Anda miliki.

Baca juga:

SketchUcation hampir mirip dengan extensions warehouse. SketchUcation merupakan komuntas para developer plugin SketchUp. Anda bisa memantau update dan perkembangan plugins SketchUp lebih cepat disini. Dikelola oleh para arsitek dan profesional dibidangnya. Untuk mendapatkan update terbaru, Anda diharuskan untuk instal terlebih dahulu Extension SketchUcation. Extension SketchUcation gratis yang berguna seperti Extension Manager milik SketchUp.

Baca juga: SketchUcation Gudang Extensi SketchUp

Install Plugin atau Extensi SketchUp

Install Manual Extensi SketchUp

Terdapat perbedaan proses install plugin atau extensi. Dari versi terdahulu hingga peralihan ke versi modern. Anda akan melihat perbedaan jelas di artikel ini. Perubahan dari .rb ke .rbz dan migrasinya dari versi ke versi modern.

Install plugin untuk Google SketchUp 5, 6, 7, dan Google SketchUp 8

Untuk install plugin tentunya harus memiliki file plugin tersebut. Format .rb atau Ruby Script untuk SketchUp. Anda bisa download plugin melalui Extension Warehouse ataupun SketchUcation.

Untuk Windows, Anda tinggal copy paste di folder berikut

C:\Program Files (x86)\Google\Google SketchUp 8\Plugins

Untuk Mac OSX, Anda tinggal copy paste di folder berikut

/Library/Application Support/Google SketchUp 8/SketchUp/Plugins

Plugins SketchUp 8
Plugins SketchUp 8

Setelah proses selesai, Anda akan menemukan menu baru. Plugins adalah menu baru di deretan menu standart dari SketchUp Pro. Ini artinya Anda sudah berhasil melakukan install plugin di SketchUp.

Install Extensi untuk SketchUp 2013, 2014, 2015, dan 2016

Untuk install manual extensi SketchUp pastikan Anda sudah melakukan download extensi yang Anda butuhkan. Extensi modern memiliki file berakhiran .rbz dan cara installnya sebagai berikut:

  1. Buka SketchUp yang Anda gunakan
  2. Silahkan ke menu WindowPreferences
  3. Pada pop up windows System Preferences yang muncul. Klik Extensions
  4. Klik Install Extensions… dan cari lokasi folder tempat Anda menyimpan .rbz
  5. Pilih file extensi dengan format .rbz yang sudah ketemu dan klik open.
  6. Extensi SketchUp sudah berhasil di install dengan sempurna.

Selain penggunaan .rbz Anda juga tetap bisa menggunakan .rb

Untuk Windows, Anda tinggal copy paste di folder berikut

C:\Program Files (x86)\SketchUp\SketchUp 2013

Untuk Mac OSX, Anda tinggal copy paste di folder berikut

/Library/Application Support/SketchUp/SketchUp 2013

Untuk SketchUp 2016 bisa mengikut folder berikut

Windows

C:\Users\[username anda]\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp ####\SketchUp\Plugins

Mac

~/Library/Application Support/SketchUp ####/SketchUp/Plugins

*Ganti #### dengan versi SketchUp milik Anda, contoh 2013, 2014, 2015, 2016

Menu Extensions SketchUp Pro
Menu Extensions SketchUp Pro

Berbeda dengan versi lama, di versi modern. Anda akan melihat menu baru bernama Extensions yang merupakan tempat extensi terinstall

Install Extensi untuk SketchUp 2017, 2018, 2019 dan 2020

Untuk install manual extensi SketchUp pastikan Anda sudah melakukan download extensi yang Anda butuhkan. Extensi modern memiliki file berakhiran .rbz dan cara installnya sebagai berikut:

  1. Buka SketchUp yang Anda gunakan
  2. Silahkan ke menu WindowExtension Manager
  3. Klik Install Extension pada pop up windows Extension Manager yang muncul.
  4. Silahkan cari extensions SketchUp yang sudah Anda download sebelumnya dan klik open.
  5. Extensions SketchUp sudah berhasil di install dengan sempurna.

Extensi modern tidak lagi membutuhkan .rb lagi. Namun, bila Anda menginginkan terinstall .rb maka ikuti folder berikut

Windows

C:\Users\[username anda]\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp ####\SketchUp\Plugins

Mac

~/Library/Application Support/SketchUp ####/SketchUp/Plugins

*Ganti #### dengan versi SketchUp milik Anda, contoh 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 dan seterusnya.

Install Otomatis dari Extension Warehouse

Di dalam video hanya salah satu contoh kasus saja. Menjelaskan secara visual proses install extensi. Tentu bila sistem otomatis Anda harus punya akun. Anda bisa registrasi ke www.sketchup.com secara gratis. Anda juga harus memiliki koneksi internet yang baik saat proses install.

Install Otomatis dari SketchUcation Plugin Store

Anda harus memiliki SketchUcation Plugin Store terlebih dahulu. Setelah ter-install ke SketchUp baru Anda bisa menggunakannya. Terlebih dahulu juga, Anda harus memiliki akun SketchUcation. Anda tidak bisa auto install bila tidak memiliki akun. Pastikan juga koneksi internet Anda cukup baik saat proses install otomatis.

Kesimpulan

Dari beberapa metode yang ada di atas. Install plugin atau extensi SketchUp tidaklah sulit. Anda bisa memilih opsi yang ada. Ingin install plugin manual atau ingin install plugin otomatis. Anda bisa memilih dari Extensions Warehouse sebagai pemilik license resmi. Anda juga bisa memilih SketchUcation yang merupakan komunitas bebas.

Informasi pada artikel ini tidak serta merta sesuai di kenyataan. Artinya akan ada perubahan sesuai dengan kebijakan trimble selaku pemilik hak guna. Bisa saja apa yang di ulas di artikel ini, pada masa mendatang berubah.

Pastikan untuk tetap mengetahui update terbaru tentang tata cara install plugin. Dengan demikian Anda tidak akan kebingungan lagi dimasa mendatang.

Tinggalkan komentar untuk diskusi bersama kami

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.