Mengenal Plugin atau Ekstensi SketchUp
Bagikan ini:

Plugin SketchUp yang saat ini memiliki sebutan Ekstensi SketchUp. Merupakan kumpulan tools atau alat bantu di dalam SketchUp. Plugin atau Ekstensi ini dibuat oleh programer yang antusias terhadap pengguna SketchUp. Contoh bila Anda ingin melakukan Rendering. Dalam hal ini Ekstensi SketchUp yang digunakan salah satunya V-Ray. Namun masih banyak lainnya selain V-Ray untuk rendering. Artikel ini akan mengulas tentang Plugin SketchUp atau Ekstensi SketchUp.

Plugin SketchUp Menjadi Ekstensi SketchUp

SketchUp sendiri berubah nama menjadi Google SketchUp saat versi 6. Namun penamaan untuk alat bantu tetap disebut plugin. Pada perpindahannya menjadi SketchUp kembali. Sebutannya berganti menjadi Ekstensi (Extension di bahasa Inggris).

Fungsi Plugin atau Ekstensi SketchUp

Beragam fungsi yang bisa diperoleh saat menggunakan ekstensi SketchUp. Tingkat kecepatan modeling di SketchUp menjadi hal utama.

Tempat Download Plugin atau Ekstensi SketchUp

Terdapat dua tempat secara umum yang bisa menjadi rujukan. Tentu saja rujukan ini sesuai dengan peruntukkannya yaitu Extension Warehouse dan SketchUcation. Bila Anda mencari Plugin SkethcUp atau Ekstensi SketchUp. Sangat disarankan untuk mengarah ke dua portal tersebut.

Selain itu di Wahyues GROUP sendiri terdapat Ekstensi pilihan yang bisa di download. Ekstensi yang ada di Wahyues GROUP adalah yang paling sering digunakan dan bermanfaat. Mari kita ulas dua portal resmi untuk download Ekstensi SketchUp.

Extension Warehouse
Extension Warehouse
Extension Warehouse

Extension Warehouse merupakan pusat ekstensi dari SketchUp. Semua ekstensi disini berasal dari para arsitek, sipil, pekerja kayu dan beberapa programer. Mereka membuat beragam ekstensi yang bisa membantu banyak pengguna SketchUp. Sebagian memang gratis dan bisa di download secara bebas. Namun sebagian juga tidak gratis dan Anda harus membelinya.

Baik seri berbayar ataupun versi gratis dari Extension Warehouse. Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan peruntukannya. Sistem pembelian versi berbayar adalah sekali seumur hidup. Ya, aturan tersebut memang berlaku untuk saat dan belum tentu sama di masa mendatang. SketchUp sendiri yang sebelumnya permanen, sekarang sudah berubah menjadi berlangganan.

Link akses: Extension Warehouse

 

SketchUcation
SketchUcation
SketchUcation

Berbeda dengan Extension Warehouse dari SketchUp. SketchUcation merupakan komunitas tersendiri yang juga membahas seputar SketchUp. Di dalamnya banyak kalangan arsitek dan juga kalangan programer. Mereka memiliki markas di Ireland yang tentunya tidak di markas SketchUp.

Terdapat puluhan plugin SketchUp gratis dan juga berbayar di SketchUcation. Hingga saat tulisan ini dibuat, mereka tetap menamainya plugin. Berbeda dengan website SketchUp yang sudah menamai dengan Ekstensi. Namun intinya tetaplah sama yaitu alat bantu tambahan.

Link akses: SketchUcation

 

Install Ekstensi SketchUp

Ulasan detail tentang Install Ekstensi SketchUp sudah kami buat. Anda tinggal mengarah ke artikel yang sudah kami tulis sebelumnya. Cara Install Plugin atau Ekstensi SketchUp yang merupakan judul artikel tersebut.

Kesimpulan

Bila Tools SketchUp bawaan Anda rasa sudah cukup membantu. Anda bisa mengabaikan Ekstensi SketchUp yang ada. Namun bila ternyata masih kurang, Anda bisa download dari portal di atas. Bila Anda merasa Ekstensi Gratis sudah cukup membantu. Anda tidak perlu menggunakan seri berbayar. Begitu pula sebaliknya bila Anda kurang puas dengan versi gratis. Anda bisa membeli Ekstensi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bila mungkin artikel ini dirasa kurang jelas dan Anda memiliki banyak pertanyaan. Silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. TIM Wahyues GROUP siap menjawab semua pertanyaan Anda tentang artikel ini.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 2 votes
Peringkat Artikel

Bagikan ini:
Subscribe
Beri tahu
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments