PB Quantifier SketchUp

PB Quantifier SketchUp merupakan bagian dari Profile Builder 2. PB Quantifier berguna untuk menghitung estimasi biaya secara real time. Anda bisa memasukkan analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) kedalamnya. Karena bisa di beri AHSP maka bisa untuk membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya). Secara standart SketchUp sudah memiliki resport. Namun PB Quantifier lebih baik dan cukup lengkap fiturnya.

PB Quantifier

PB Quantifier Icon
PB Quantifier Icon

Saat Anda membeli Profile Builder 2 maka sudah include di dalamnya Quantifier SketchUp. Pada gambar bisa Anda lihat icon Quantifier berbentuk timbangan pada bagian paling kanan. Saat Anda klik maka langsung terbuka sub menu dari PB Quantifier SketchUp.

PB Quantifier Home
PB Quantifier Home

Pada tampilan awal PB Quantifier tidak terlalu banyak menu dan cukup sederhana. Namun di kesederhanaan tampilan yang ada ini. Anda akan menemukan berbagai macam fitur menarik yang cukup baik. Anda di berikan informasi tampilan berbagai macam objek. Anda bisa melihat jumlah Group/Components, Length (m), Area (m2), Volume (m3) dan Surface Area (m2).

Bila Anda melakukan pemodelan dengan Profile Builder 2. Anda juga akan melihat jumlah Profile Members yang digunakan. Yang keren dari PB Quantifier Sketchup adalah tampilan Cost / Harga. Anda bisa mengetahui secara langsung berapa biaya yang digunakan. Tidak perlu khawatir mengenai mata uang. Anda bisa menggunakan mata uang Rupiah di dalamnya.

1. Quantifier SketchUp

Fungsi menjadi Quantifier SketchUp tentu perhitungannya di SketchUp. Anda bisa menggunakannya pada seri SketchUp 2016 baik seri Make atau seri Pro. Proses penggunaan cukup mudah sebenarnya. Anda hanya fokus pada pemodelan 3D pada SketchUp. Mengadopsi sistem BIM (Building Informasion Modeling). Yang mana setiap model memiliki informasi baik harga, biaya dan upah.

Perhitungan yang bisa dilakukan terdapat pada empat mode

  • Layer$
  • Material$
  • Object$
  • Model$

1.1 Layer$

PB Quantifier Layer Cost Data
PB Quantifier Layer Cost Data

Anda bisa memasukkan daftar analisa harga satuan pekerjaan pada layer. Contohnya dinding, pondasi, sloof, kolom, baja, galvalum, balok kayu, besi beton dan lainnya.

Berat besi beton seperti sengkang, besi utama bahkan bendrat. Bisa Anda kalkulasikan pada layer. Anda bisa menghitungnya per m’ sehingga kebutuhannya bisa terhitung.

1.2 Material$

PB Quantifier Material Cost Data
PB Quantifier Material Cost Data

Anda bisa memasukkan daftar analisa harga satuan pekerjaan pada material. Contoh yang bisa dimasukkan adalah plesteran, cat, acian, HPL, Lem HPL, plamir atau yang lain. Intinya yang berhubungan dengan material bisa Anda masukkan disini.

1.3 Object$

PB Quantifier Object Cost Data
PB Quantifier Object Cost Data

Bila Anda memesan pintu atau jendela yang sudah satu kesatuan harga. Anda bisa memasukkan daftar harganya dengan object. Proyek interior sangat cocok untuk hal ini, termasuk proyek taman. Katakanlah Anda memiliki fas bunga dan silahkan di beri harga. Maka setiap fas bunga yang sama akan di kalkulasikan beserta harganya.

1.4 Model$

PB Quantifier Model Cost Data
PB Quantifier Model Cost Data

Pada perhitungan RAB atau Rencana Anggaran Biaya terdapat satuan LS atau lumpsum. Anda bisa memasukkan pada bagian model. Katakanlah pembersihan lokasi atau bedeng / kantor sementara. Anda masukkan harganya pada bagian model yang nanti akan di kalkulasikan.

2. Auto Generate RAB

PB Quantifier Cost Summary Report
PB Quantifier Cost Summary Report

PB Quantifier SketchUp bisa langsung melakukan Auto Generate RAB. Cara efisien dalam melakukan Auto Generate RAB adalah dengan membuat template. Pastikan Anda sudah paham bagaimana membuat template di SketchUp. Anda bisa merujuk pada artikel Membuat Template SketchUp sendiri. Pastikan pada template SketchUp tersebut sudah terisi Layer$, Material$, Object$ dan Model$. Gunanya memudahkan Anda dengan tidak perlu melakukan input secara manual lagi.

Bila Anda sudah memiliki Analisa Harga Satuan Pekerjaan sendiri. Anda akan mudah melakukan Auto Generate RAB di SketchUp. Dengan menggunakan Quantifier SketchUp hal tersebut dapat di lakukan. Anda tinggal masuk ke menu PB Quantifier dan klik Cost Summary Report.

Dengan Auto Generate RAB langsung maka Anda bisa menganalisa harga. Dengan demikian Anda bisa mengetahui biaya di bagian mana yang besar. Auto Generate RAB pada PB Quantifier memang cukup membantu sekali dalam menganalisa harga. Anda bisa langsung presentasi ke klien dengan model yang sudah Anda buat. Bahkan Anda bisa langsung melakukan revisi on the spot bersama klien. Hasil akhirnya Anda lakukan Auto Generate RAB kembali untuk di lihat klien.

Kesimpulan

Dengan adanya PB Quantifier di dalam tubuh Profile Builder 2. Anda sangat terbantu sekali dalam proses perhitungan volume. Anda tidak lagi di sibukkan menghitung volume secara manual menunggu gambar kerja jadi. Semuanya sudah di tangani oleh PB Quantifier.

Disini bisa dilihat bahwa Anda cukup fokus pada pemodelan. Anda tidak perlu menghawatirkan perhitungan volume pada model. Di akhir pemodelan yang baik, Anda akan menghasilkan beragam laporan. Mulai volume, luas, dan berat dengan satuan m’, m2, m3, kg dan lainnya yang cukup instan.

Satu hal lagi yang cukup membuat PB Quantifier wajib digunakan. Hasil perhitungan bisa di pindah ke Spreadsheet baik format csv atau xls. Dengan langkah melakukan Auto Generate RAB terlebih dahulu. Tujuannya sudah pasti untuk membuat laporan secara rinci dan di cetak. Dengan demikian pekerjaan Anda dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya lebih cepat selesai. Tidak ada lagi kecolongan perhitungan bahan dan upah.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan komentar untuk diskusi bersama kami

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.