PB Quantifier SketchUp

PB Quantifier SketchUp merupakan bagian dari Profile Builder 2. PB Quantifier SketchUp berguna untuk menghitung estimasi biaya secara real time. Anda bisa memasukkan analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) kedalamnya. Karena bisa di beri AHSP maka bisa untuk membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya). Secara standart SketchUp sudah memiliki report. Namun PB Quantifier SketchUp lebih baik dan cukup lengkap fiturnya.

PB Quantifier

PB Quantifier Icon
PB Quantifier Icon

Saat Anda membeli Profile Builder 2 maka sudah include di dalamnya PB Quantifier SketchUp. Pada gambar bisa Anda lihat icon Quantifier berbentuk timbangan pada bagian paling kanan. Saat Anda klik maka langsung terbuka sub menu dari PB Quantifier SketchUp.

PB Quantifier Home
PB Quantifier Home

Pada tampilan awal PB Quantifier SketchUp tidak terlalu banyak menu dan cukup sederhana. Namun di kesederhanaan tampilan yang ada ini. Anda akan menemukan berbagai macam fitur menarik yang cukup baik. Anda di berikan informasi tampilan berbagai macam objek. Anda bisa melihat jumlah Groups/Components, Length (m), Area (m2), Volume (m3) dan Surface Area (m2).

Bila Anda melakukan pemodelan dengan Profile Builder 2. Anda juga akan melihat jumlah Profile Members yang digunakan. Yang keren dari PB Quantifier Sketchup adalah tampilan Cost / Harga. Anda bisa mengetahui secara langsung berapa biaya yang digunakan. Tidak perlu khawatir mengenai mata uang. Anda bisa menggunakan mata uang Rupiah di dalamnya.

1. Fitur PB Quantifier SketchUp

Fitur Hitung Volume PB Quantifier
Fitur Hitung Volume PB Quantifier

1.1 Menghitung Jumlah

Menghitung jumlah objek keseluruhan tinggal melihat pada opsi nomor 1. Contoh Anda memiliki kolom struktur dan ingin mengetahui jumlahnya. Anda tinggal melihat pada bagian Count dari Component Report.

1.2 Menghitung Lebar

Sekarang saat Anda ingin mengetahui Lebar dari sebuah objek. Anda tinggal melihat pada kolom Width dengan satuan yang tertera. Dalam contoh di gambar adalah Width (mm) Anda bisa menggantinya dengan satuan m.

1.3 Menghitung Tinggi

Dalam hal menghitung tinggi dari objek. PB Quantifier SketchUp sudah menyediakannya di kolom Height (mm). Dengan demikian bila Anda memiliki objek kolom struktur. Anda tidak perlu bingung atau mengukurnya manual. PB Quantifier SketchUp sudah menyediakannya beserta satuannya.

1.4 Menghitung Panjang

Pada kolom panjang atau Length (m) yang di sediakan. Anda bisa secara langsung mengetahui panjang dari objek. Tidak peduli berapa jumlah objek yang ada. Anda dengan cepat mengetahui total panjangnya. Anda tinggal mengoreksi objek mana saja yang seharusnya di hitung dan tidak.

1.5 Menghitung Total Panjang

Bila Anda sudah mengetahui panjang sebuah objek. Anda sekarang disuguhkan yaitu Total Length (m). Dari semua panjang objek yang ada. Anda akan mengetahui totalnya panjangnya. Sangat cocok bila Anda membuat model besi tulangan.

1.6 Menghitung Total Luas

Ingin mengetahui luas dari lantai atau dinding? Tidak satu atau dua tempat melainkan keseluruhan. Anda tinggal membaca bagian kolom Total Area (m2). Anda sudah langsung disuguhkan laporan luas keseluruhan. Tidak perlu lagi menghitungnya secara manual karena sudah tersedia.

1.7 Menghitung Luas Permukaan

Bila kasusnya adalah menghitung cat dinding atau kebutuhan wallpaper. Anda tinggal melihat pada bagian Total Surface Area (m2). Pada kolom ini, Anda akan mendapatkan laporan perhitungan wajah atau permukaan. Dengan demikian Anda bisa mengetahui luas permukaan bidang dengan cepat.

1.8 Menghitung Total Volume

Ingin mengetahui volume m3 pondasi? Atau ingin mengetahui volume m3 kolom struktur? Atau ingin mengetahui volume m3 balok sloof? Pada kolom Total Volume (m3) Anda disuguhkan laporannya. Semua objek solid dengan satuan m3 akan dihitung dan disajikan sangat rapi.

1.9 Menghitung Berat

Berapa berat dari besi tulangan kolom? Berapa total berat begel pada tulangan? Saat Anda memodelkan pada SketchUp secara 3D. Saat itu juga PB Quantifier SketchUp akan menghitungnya untuk Anda. Pada kolom Total Weight (kg) ini semua perhitungan berat disajikan. Jadi, Anda bisa memesan besi tulangan dalam satuan kg ke vendor. Atau bisa juga sebagai laporan kepada klien Anda.

1.10 Input Analisa Harga Satuan Pekerjaan Sesuai SNI PUPR

1.11 Menampilkan Laporan Estimasi Biaya Sesuai SNI PUPR

2. Input Data PB Quantifier

Sekarang saatnya melakukan input data pada PB Quantifier SketchUp. Bila Anda memiliki AHSP SNI atau AHSP Cipta Karya dari PUPR atau AHSP Sumber Daya Air. Tinggal melakukan input data langsung di PB Quantifier SketchUp. Apa yang akan di input di PB Quantifier SketchUp? Analisa Harga Satuan yang akan Anda input. Terdapat empat menu yang bisa Anda isi input datanya. Layer$, Material$, Object$ dan Model$.

2.1 Layer$

PB Quantifier Layer Cost Data
PB Quantifier Layer Cost Data

Anda bisa memasukkan daftar analisa harga satuan pekerjaan pada Layer$. Contohnya dinding, pondasi, sloof, kolom, baja, galvalum, balok kayu, besi beton dan lainnya.

Berat besi beton seperti sengkang, besi utama bahkan bendrat. Bisa Anda kalkulasikan pada Layer$. Anda bisa menghitungnya per m’ sehingga kebutuhannya bisa terhitung.

2.2 Material$

PB Quantifier Material Cost Data
PB Quantifier Material Cost Data

Anda bisa memasukkan daftar analisa harga satuan pekerjaan pada Material$. Contoh yang bisa dimasukkan adalah plesteran, cat, acian, HPL, Lem HPL, plamir atau yang lain. Intinya yang berhubungan dengan Material$ bisa Anda masukkan disini.

2.3 Object$

PB Quantifier Object Cost Data
PB Quantifier Object Cost Data

Bila Anda memesan pintu atau jendela yang sudah satu kesatuan harga. Anda bisa memasukkan daftar harganya dengan Object$. Proyek interior sangat cocok untuk hal ini, termasuk proyek taman. Katakanlah Anda memiliki fas bunga dan silahkan di beri harga. Maka setiap fas bunga yang sama akan di kalkulasikan beserta harganya.

2.4 Model$

PB Quantifier Model Cost Data
PB Quantifier Model Cost Data

Pada perhitungan RAB atau Rencana Anggaran Biaya terdapat satuan LS atau lumpsum. Anda bisa memasukkan pada bagian Model$. Katakanlah pembersihan lokasi atau bedeng / kantor sementara. Anda masukkan harganya pada bagian Model$ yang nanti akan di kalkulasikan.

3. Laporan PB Quantifier

3.1 Component Report

PB Quantifier Component Report
PB Quantifier Component Report

Pada Component Report Anda akan disajikan cukup banyak laporan. Ya, disinilah volume pekerjaan beserta harganya di tampilkan. Dengan catatan semua laporan ini di sediakan sesuai dengan model 3D yang ada. Panjang, Lebar, Tinggi, Luas, Volume dan Berat tersaji detail.

Anda juga disuguhkan beserta harga tiap model yang ada. Anda juga tidak perlu melakukan penjumlahan manual. Semua sudah dihitung oleh PB Quantifier SketchUp.

3.2 Cost Detail Report

PB Quantifier Cost Detail Report
PB Quantifier Cost Detail Report

Cost Detail Report atau Laporan Detail Biaya sama dengan Daftar Analisa. Ya, Anda akan melihat ringkasan Analisa Satuan Pekerjaan di jabarkan. Anda bisa melihat koefisien setiap pekerjaan yang cukup rinci. Anda juga bisa melihat harga satuan dari masing-masing pekerjaan. Semua pekerjaan di kelompokkan pada bagian Code sehingga mudah dilihat dan dibaca.

3.3 Cost Summary Report

PB Quantifier Cost Summary Report
PB Quantifier Cost Summary Report

Cost Summary Report sama halnya dengan Rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya. Semua analisa harga satuan di laporkan menjadi satu. Dalam bahasa Indonesia Cost Summary Report adalah Laporan Ringkasan Biaya. Jadi keseluruhan biaya di ringkas menjadi lebih enak dilihat. Anda bisa melihat harga untuk masing-masing pekerjaan. Dalam hal ini pekerjaan masuk di dalam Code dengan deskripsi masing-masing.

3.4 Profile Report

PB Quantifeir Profile Report
PB Quantifeir Profile Report

Profile Report menghasilkan laporan khusus bila Anda memodelkan menggunakan Profile Builder 2. Setiap profile yang digunakan akan otomatis dihitung pada bagian ini. Baik itu Panjang, Luas, Volume dan juga Berat. Contoh kasusnya bila Anda membuat pembesian. Anda akan mendapatkan laporan cepat pada Profile Report.

4. License PB Quantifier

Setelah Anda membeli license Profile Builder 2 resmi. Anda akan mendapatkan email berisi pesan seperti gambar di bawah. Email yang masuk dari MindSight Sales berisi Profile Builder 2 license information. Informasi ini yang Anda gunakan untuk mengaktifkan Profile Builder 2 termasuk PB Quantifier SketchUp.

Profile Builder 2 License Information
Profile Builder 2 License Information

Email di atas berisi alamat email yang Anda gunakan. Berisi license key yang Anda gunakan untuk aktivasi. Terdapat informasi License Type yang digunakan. Untuk license resmi dan full versi akan berstatus permanent.

Profile Builder 2 License
Profile Builder 2 License

Untuk melakukan pemeriksaan license caranya cukup mudah. Anda tinggal mengikuti langkah di bawah ini.

  • Klik menu Extensions
  • Profile Builder 2
  • License
License Manager: Profile Builder 2
License Manager: Profile Builder 2

Bila Anda sudah mengikuti langkah di atas. Anda akan di bawa ketampilan seperti di atas ini. Anda bisa melihat informasi seputar Profile Builder 2. Bila Anda tidak menemukan tampilan di atas. Anda bisa mengontak penjual dari Profile Builder 2 yang Anda beli.

Anda juga bisa melakukan Recover License dengan mengunjungi website berikut

Recover License Information

Recover License Information Profile Builder 2
Recover License Information Profile Builder 2

Ketik alamat email Anda pada kolom email. Ingat! Email ini adalah email pembelian license. Kemudian pada bagian Product Anda pilih Profile Builder 2 kemudian klik Submit. Anda akan langsung mendapat email berisi informasi license seperti gambar diatas. Bila Anda tidak mendapatkan email tersebut, periksa bagian spam folder atau junk folder. Bila sama sekali tidak menerima email maka di pastikan Anda bukan pembeli resmi.

Kesimpulan

Dengan adanya PB Quantifier SketchUp di dalam tubuh Profile Builder 2. Anda sangat terbantu sekali dalam proses perhitungan volume. Anda tidak lagi di sibukkan menghitung volume secara manual menunggu gambar kerja jadi. Semuanya sudah di tangani oleh PB Quantifier SketchUp.

Disini bisa dilihat bahwa Anda cukup fokus pada pemodelan. Anda tidak perlu menghawatirkan perhitungan volume pada model. Di akhir pemodelan yang baik, Anda akan menghasilkan beragam laporan. Mulai volume, luas, dan berat dengan satuan m’, m2, m3, kg dan lainnya yang cukup instan.

Satu hal lagi yang cukup membuat PB Quantifier SketchUp wajib digunakan. Hasil perhitungan bisa di pindah ke Spreadsheet baik format csv atau xls. Dengan langkah melakukan Auto Generate RAB terlebih dahulu. Tujuannya sudah pasti untuk membuat laporan secara rinci dan di cetak. Dengan demikian pekerjaan Anda dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya lebih cepat selesai. Tidak ada lagi kecolongan perhitungan bahan dan upah.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 1 vote
Peringkat Artikel
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments