Software RAB di SketchUp

Software RAB memang banyak dibutuhkan oleh para Estimator dalam pekerjaan mereka. SketchUp yang merupakan software untuk modeling 3D. Memiliki beberapa extension atau plugin untuk Software RAB. Quantifier Pro merupakan extension atau Plugin SketchUp untuk membantu Estimator. Bila Anda sampai saat ini masih menghitung volume secara manual. Dengan Quantifier Pro, hal tersebut sudah tidak berlaku.

Software RAB di dalam SketchUp

SketchUp merupakan software desain yang lahir di tahun 1999. Sangat berkembang pesat hingga penggunanya terus bertambah. Banyak channel youtube bermunculan berisi konten SketchUp. Sebagai software modeling 3D yang memiliki plugin atau extension. SketchUp terus berkembang namun yang berkembang adalah Extensionnya.

Software RAB di dalam SketchUp untuk pertama kalinya muncul di tahun 2015. Quantifier adalah namanya dan tertanam di dalam Profile Builder 2. Dikembangkan oleh Whaat yang akhirnya bernama Mind Sight Studios.

Pada tahun 2017 akhir dikembangkanlah Quantifier Pro yang berdiri sendiri. Hal ini supaya banyak di ketahui user SketchUp. Bisa mengadopsi semua aturan setiap negara di dunia dan tentu mudah digunakan.

Bagi Anda pengguna SketchUp tentu akan senang dengan kehadirannya. Tentu hal tersebut bila Anda menggunakan SketchUp seutuhnya. Dalam hal modeling, gambar kerja serta Estimasi Biaya.

Quantifier Pro hadir dan langsung digunakan di dalam SketchUp. Hal ini sangat membantu Anda yang suka menghitung manual. Apakah Anda masih menghitung volume sebuah bangunan secara manual? Bila iya, maka silahkan mencoba Software RAB Quantifier Pro ini.

Aplikasi RAB Realtime

Sebagai Extensi di SketchUp, Quantifier Pro menjalankan perannya dengan baik. Realtime Estimator yang mana setiap perubahan langsung di hitung. Realtime estimator disini artinya, perubahan volume dan harga langsung terhitung.

Sebagai tool estimator yang ter integrasi dengan SkethcUp. Quantifier Pro memiliki banyak kelebihan dimana volume sudah langsung terhubung ke harga satuan. Oleh karenanya bisa dibilang tools estimator yang baik dalam membantu estimasi biaya.

Dengan perubahan secara realtime estimator tentu fokus Anda sekarang pada pemodelan. Sedetail mungkin pemodelan di buat maka akan detail pula hasil perhitungannya.

PB Quantifier menjadi Quantifier Pro

Quantifier Pro merupakan software RAB berbayar. Sebelum Anda benar-benar menggunakan untuk proyek pribadi. Anda diberi kesempatan untuk mengujinya secara penuh selama 30 hari.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah extensi ini cocok untuk Anda. Bila cocok Anda bisa meneruskannya dengan penggunaan permanen. Simak video cara download dan install di bawah.

Link uji coba: Serial Number dan Installer

Dukungan Quantifier Pro Indonesia

Quantifier Pro merupakan software rab atau plugin buatan Mind Sight Studios dari Kanada. Wahyues GROUP merupakan partner penjualan di Indonesia. Untuk hal dukungan penggunaan Wahyues GROUP memberikan fasilitas penuh.

Forum pengguna: Quantifier Pro Wahyues GROUP

Fasilitas yang di berikan Wahyues GROUP

  • File-file penunjang untuk proyek di indonesia
  • Analisa Harga Satuan Pekerjaan format Quantifier Pro
  • Video pelatihan secara online melalui forum
  • Dukungan tanya jawab permasalahan penggunakan melalui forum
  • Contoh-contoh proyek nyata

Kelebihan Aplikasi RAB Quantifier Pro

Khusus pengguna SketchUp tentu akan sangat terbantu sekali. Quantifier Pro menjadi plugin atau extensions yang sangat membantu.

Berikut beberapa kelebihannya:

  • Anda hanya fokus pada pemodelan 3D yang baik dan tidak perlu menghitung volume
  • Sudah tersedia AHSP SNI (untuk member Wahyues GROUP saja)
  • Sudah tersedia AHSP Cipta Karya (untuk member Wahyues GROUP saja)
  • Tidak perlu secara manual memasukkan database Analisa Harga Satuan Pekerjaan.
  • Bisa mendapatkan informasi berat untuk besi beton secara langsung termasuk harga
  • Bisa mendapatkan informasi kebutuhan bahan secara langsung dengan berbagai satuan.
  • Bisa mengetahui biaya saat perubahan terjadi pada model
  • Bisa mengetahui secara langsung Rencana Anggaran Biaya. Baik dari masing-masing pekerjaan ataupun keseluruhan.
  • Bisa melakukan manipulasi biaya secara cepat dan tepat pada model.
  • Tidak perlu menghitung volume satuan dalam m3, m2, atau m. Semua sudah dihitung otomatis
  • Meminimalisir kesalahan 99% dalam hal perhitungan RAB.

Kekurangan Aplikasi RAB Quantifier Pro

Walaupun memiliki beragam kelebihan, tentu juga memiliki kekurangan. Semua software apapun itu pastilah lumrah bila memiliki kekurangan.

Berikut beberapa kekurangannya:

  • Hanya bisa digunakan oleh User SketchUp
  • Sudah memahami teknik modeling yang baik dan benar
  • Semua desain harus sesuai dengan kenyataan (model, bentuk bangunan dan lainnya)
  • Laporan akhir masih harus di tata menggunakan aplikasi lain. Aplikasi (Libre Office Calculator atau Microsoft Excel).
  • Anda harus sudah memiliki AHSP (Analisa Harga Satuan Pekerjaan) dalam format Quantifier Pro

Kesimpulan

Bila Anda merupakan pengguna SketchUp sepenuhnya maka extensi ini bisa sangat bermanfaat. Setiap modeling yang Anda kerjakan di SketchUp. Di situlah juga Anda mendapatkan volume bangunan secara langsung atau realtime estimator.

Anda seorang estimator atau yang bekerja menghitung anggaran biaya. Akan sangat mengurangi waktu Anda yang biasanya menghitung beberapa hari. Kini bisa menjadi semakin singkat dan cepat.

SketchUp bisa sekaligus membuat 3D, Gambar Kerja dan Rencana Anggaran Biaya secara langsung. Anda juga dengan mudah mengetahui total keseluruhan biaya yang digunakan. Cepat, akurat, Efisien dan Menghemat Waktu kerja.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Tinggalkan komentar untuk diskusi bersama kami

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.