Software RAB SketchUp

Software RAB SketchUp memang banyak dibutuhkan oleh para Estimator dalam pekerjaan mereka. SketchUp yang merupakan software untuk modeling 3D. Memiliki beberapa ekstensi atau plugin untuk menghitung RAB. Plugin RAB SketchUp yang akan kami ulas merupakan yang paling baik. Pada artikel ini kami sudah menguji coba Plugin RAB SketchUp tersebut. Pengguna SketchUp Indonesia bisa memilih mana yang sesuai. Simak ulasan lengkap kami di artikel ini.

Software RAB SketchUp

Software RAB SketchUp sebenarnya tidak ada namun dalam bentuk plugin atau ekstensi ada. Ya, bagi Anda pengguna SketchUp apalagi yang bekerja di konstruksi. Tentu menginginkan SketchUp bisa memiliki kemampuan lebih. Pengembang ekstensi pun berlomba untuk mewujudkan hal tersebut.

SketchUp sendiri memiliki Generate Report untuk mengetahui informasi tentang model yang dibuat. Namun cukup terbatas dan sangat sulit bagi pemula untuk membacanya. SketchUp bukanlah buatan Indoensia tentunya pengguna harus ber adaptasi. Namun disini SketchUp bisa di manfaatkan untuk menghitung volume. Ya benar, untuk menghitung volume, luas dan panjang. Hasilnya nanti di masukkan kedalam SpreadSheet Excel.

Di sini kami juga mengenalkan beberapa plugin atau ekstensi yang bisa membantu. Tentu dengan adanya ekstensi ini Anda akan lebih cepat dalam proses perhitungan. Beberapa ekstensi inipun bisa mengadopsi AHSP dari kementrian PUPR. Bila Anda memiliki AHSP sendiri juga bisa Anda seting dan fokuslah modeling. Simak beberapa informasi tentang ekstensi SketchUp di bawah. Ada juga yang dibuat oleh Wahyues GROUP dalam bentuk Excel.

Estimator SketchUp
Estimator SketchUp
Estimator SketchUp

Estimator SketchUp merupakan sebuah ekstensi yang dibuat oleh John Brock. Bisa digunakan untuk melakukan estimasi biaya langsung di SketchUp berserta membuat laporannya.

PB Quantifier
PB Quantifier SketchUp
PB Quantifier SketchUp

Quantifier Pro merupakan software RAB berbayar. Sebelum Anda benar-benar menggunakan untuk proyek pribadi. Anda diberi kesempatan untuk mengujinya secara penuh selama 30 hari.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah ekstensi ini cocok untuk Anda. Bila cocok Anda bisa meneruskannya dengan penggunaan permanen. Simak video cara download dan install di bawah.

Dukungan Quantifier Pro Indonesia

Quantifier Pro merupakan software rab atau plugin buatan Mind Sight Studios dari Kanada. Wahyues GROUP merupakan partner penjualan di Indonesia. Untuk hal dukungan penggunaan Wahyues GROUP memberikan fasilitas penuh.

Forum pengguna: Quantifier Pro Wahyues GROUP

Fasilitas yang di berikan Wahyues GROUP

  • File-file penunjang untuk proyek di indonesia
  • Analisa Harga Satuan Pekerjaan format Quantifier Pro
  • Video pelatihan secara online melalui forum
  • Dukungan tanya jawab permasalahan penggunakan melalui forum
  • Contoh-contoh proyek nyata

Kelebihan Aplikasi RAB Quantifier Pro

Khusus pengguna SketchUp tentu akan sangat terbantu sekali. Quantifier Pro menjadi plugin atau ekstensi yang sangat membantu.

Berikut beberapa kelebihannya:

  • Anda hanya fokus pada pemodelan 3D yang baik dan tidak perlu menghitung volume
  • Sudah tersedia AHSP SNI (untuk member Wahyues GROUP saja)
  • Sudah tersedia AHSP Cipta Karya (untuk member Wahyues GROUP saja)
  • Tidak perlu secara manual memasukkan database Analisa Harga Satuan Pekerjaan.
  • Bisa mendapatkan informasi berat untuk besi beton secara langsung termasuk harga
  • Bisa mendapatkan informasi kebutuhan bahan secara langsung dengan berbagai satuan.
  • Bisa mengetahui biaya saat perubahan terjadi pada model
  • Bisa mengetahui secara langsung Rencana Anggaran Biaya. Baik dari masing-masing pekerjaan ataupun keseluruhan.
  • Bisa melakukan manipulasi biaya secara cepat dan tepat pada model.
  • Tidak perlu menghitung volume satuan dalam m3, m2, atau m. Semua sudah dihitung otomatis
  • Meminimalisir kesalahan 99% dalam hal perhitungan RAB.

Kekurangan Aplikasi RAB Quantifier Pro

Walaupun memiliki beragam kelebihan, tentu juga memiliki kekurangan. Semua software apapun itu pastilah lumrah bila memiliki kekurangan.

Berikut beberapa kekurangannya:

  • Hanya bisa digunakan oleh User SketchUp
  • Sudah memahami teknik modeling yang baik dan benar
  • Semua desain harus sesuai dengan kenyataan (model, bentuk bangunan dan lainnya)
  • Laporan akhir masih harus di tata menggunakan aplikasi lain. Aplikasi (Libre Office Calculator atau Microsoft Excel).
  • Anda harus sudah memiliki AHSP (Analisa Harga Satuan Pekerjaan) dalam format Quantifier Pro
Quantifier Pro
Quantifier Pro
Quantifier Pro

Quantifier Pro pengembangan dari PB Quantifier yang tentu lebih baik lagi. Sama seperti pendahulunya yang menghitung RAB langsung di SketchUp. Melakukan export ke Excel dengan format csv untuk di jadikan dokumen. Bedanya dengan pendahulunya adalah bisa export format .xlsx . Anda bisa berkolaborasi dengan Excel tanpa perlu ribet mengaturnya secara manual.

Merubah harga, merubah analisa, merubah nama bahan, tukang dan lainnya. Anda sekarang tinggal export ke Excel dan semua bisa di kerjakan dengan cepat. Bagi Anda pengguna Profile Builder 2 tentu adanya PB Quantifier sudah cukup terbantu. Namun Anda harus memasukkan analisa satu persatu pada PB Quantifier. Sedangkan pada Quantifer Pro hal tersebut sudah di kerjakan lebih cepat lagi.

Sama seperti PB Quantifier pada Profile Builder 2. Untuk proses perhitungan cepat, Anda wajib memiliki templat untuk proyek Anda. Gunanya adalah menyimpan semua analisa tanpa perlu memasukkannya secara manual. Anda hanya fokus pada pemodelan saja dan sisanya Quantifier Pro yang mengerjakan.

E-RAB untuk SketchUp
E-RAB untuk SketchUp
E-RAB untuk SketchUp

E-RAB untuk SketchUp merupakan produk buatan dari Wahyues GROUP. E-RAB sendiri dibuat khusus untuk pengguna SketchUp Make atau SketchUp Gratis. Pengguna yang memanfaatkan fitur Entity Info untuk mencari volume, luas dan panjang. E-RAB bukanlah sebuah plugin atau ekstensi untuk SketchUp.

Seperti format atau dokumen RAB (Rencana Anggaran Biaya) umum yang ada di Indonesia. E-RAB merupakan singkatan dari Excel RAB untuk SketchUp. Hanya saja penggunannya harus menggunakan SketchUp untuk mendapatkan volume. Semua informasi volume, luas dan panjang di dapat dari Entity Info.

Manual? Iya, betul sekali semuanya masih manual dan harus copy paste dari SketchUp ke Excel. Anda akan membuka dua aplikasi secara langsung untuk bisa menggunakannya. SketchUp Make untuk alat pemodelan 3D dan Excel untuk menghitung RAB nya.

Kesimpulan

Bila Anda merupakan pengguna SketchUp sepenuhnya maka ekstensi ini bisa sangat bermanfaat. Setiap modeling yang Anda kerjakan di SketchUp. Di situlah juga Anda mendapatkan volume bangunan secara langsung atau realtime estimator.

Anda seorang estimator atau yang bekerja menghitung anggaran biaya. Akan sangat mengurangi waktu Anda yang biasanya menghitung beberapa hari. Kini bisa menjadi semakin singkat dan cepat.

SketchUp bisa sekaligus membuat 3D, Gambar Kerja dan Rencana Anggaran Biaya secara langsung. Anda juga dengan mudah mengetahui total keseluruhan biaya yang digunakan. Cepat, akurat, Efisien dan Menghemat Waktu kerja.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 2 votes
Peringkat Artikel
Subscribe
Beri tahu
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Komentar
Terbaru
Rertua Terbanyak dipilih
Inline Feedbacks
View all comments
aspar sahbudin
aspar sahbudin
2 bulan lalu

aku pengguna softwere skectup 2019 (pemula) mau tanya apakah ada tutorial tentang fungsi fungsi tool yg ada di aplikasi tersebut

Dukungan Wahyues GROUP
Membalas ke  aspar sahbudin
2 bulan lalu

Hi kak, yang di maskud fungsi tool dari Quantifier Pro ya kak? Semua tersedia di channel youtube kami . cek link berikut [ Quantifier Pro Tutorial ]