Perbedaan SketchUp Make dan SketchUp Pro

SketchUp Make dan SketchUp Pro merupakan software serupa. Hanya saja memiliki kemampuan dan tujuan yang berbeda dalam hal penggunaan. SketchUp Make cenderung diperuntukkan kepada user yang memiliki hoby. SketchUp Pro lebih di khususkan untuk kalangan profesional. Dalam pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui perbedaan dalam hal fitur dan penggunaan.

Perbedaan SketchUp

Beberapa user di Indonesia mungkin bingung dengan versi SketchUp. Secara resmi peluncurannya, SketchUp mengeluarkan dua versi. Versi gratis di sebut dengan SketchUp Make dan versi berbayar di sebut SketchUp Pro.

Tentu keduanya memiliki berbedaan dalam penggunaan. Beberapa fungsi pun tentu juga berbeda peruntukannya. Di dalam tabel yang ada di bawah merupakan perbedaan SketchUp.

Perbedaan SketchUp Make dan SketchUp Pro

SketchUp FeaturesMake/FreePro
Build 3D modelsYaYa
Geo-Locate ModelsYaYa
Import CAD filesTidakYa
Export CAD and PDF filesTidakYa
Create multi-page presentation setsTidakYa
Produce construction drawingsTidakYa
Export animation videos of any sizeTidakYa
Present files and full-screen presentationsTidakYa
Add custom attributes and behaviorsTidakYa
Generate lists and reportsTidakYa
Use solid modeling toolsTidakYa
Make hand-drawn rendering stylesTidakYa
Work with simulated film camerasTidakYa
Email technical supportTidakYa
Licensed for commercial useTidakYa
Import, Export, and Create IFC FilesTidakYa
Use Terrain and Satellite Imagery with Geo-located ModelsTidakYa

Terlihat jelas bukan perbedaan SketchUp di atas. Fitur yang ada di SketchUp Make hanya Build 3D models dan Geo-Locate Models. Perbedaan SketchUp ini tidak berpengaruh jika Anda hanya menggunakan untuk modeling 3D saja. Bila Anda bekerja penuh menggunakan SketchUp. Tentu perbedaan SketchUp ini sangat berpengaruh.

[1] SketchUp Make

Tersedia dari mulai SketchUp 2013, SketchUp Make sangat banyak penggunanya. Dari kalangan penghoby, orang rumahan dan juga siswa smp, smk sampai mahasiswa. Versi yang tanpa perlu license berbayar sangat cocok dalam hal modeling. Anda yang tahap awal belajar SketchUp akan sangat cocok menggunakan versi ini. Anda tidak perlu melakukan pencurian dengan crack, patch, keygen dan sejenisnya. SketchUp Make tersedia secara bebas untuk digunakan siapa saja.

Mungkin saat ini Anda sedang serius mengenal SketchUp. Ingin mempelajarinya secara mendalam. Anda menemukan artikel ini di masa mendatang. Memberikan informasi yang berharga tentunya untuk Anda. SketchUp Make akan sangat usang dimasa mendatang. Trimble sendiri tidak memberikan support penuh terhadap SketchUp Make. Sama seperti software lain yang terus update mengikuti perkembangan.

Penggunaan untuk keseharian memang sangat berguna. Hanya saja Anda tidak bisa memproduksi gambar kerja. Anda bisa saja membuat untuk presentasi sederhana. Namun saat menginginkan eksekusi ke dalam lembar kerja itu tidak mungkin. SketchUp Make sendiri memang memiliki dua fungsi saja. Build 3D Models dan Geo-Locate Models merupakan fitur yang tersedia. Versi ini bisa dibilang versi HALAL karena tidak perlu crack, patch, keygen.

Download SketchUp Make

Official Website:

Non-Official:

[2] SketchUp Pro

Dari namanya, SketchUp Pro sangat unggul. Semua fitur menyala dan siap di explorasi. Anda tidak hanya memodelkan 3D saja melainkan 2D juga. Dengan adanya LayOut SketchUp tentu sangat membantu pekerjaan Anda.

Tidak perlu lagi berpindah ke program lain, cukup dengan SketchUp semuanya di kerjakan. Dengan adanya fitur import, export dan IFC. Anda bisa berkolaborasi dengan berbagai bidang keahlian.

Anda bisa meggunakan citra satelit juga di SketchUp Pro. Hal ini tidak bisa di nikmati oleh penggunakan SketchUp versi gratis. Selain citra satelit, Anda bisa mengetahui resport dari model Anda. Semua volume dan luas secara langsung dari semua model yang ada.

Download SketchUp Pro

Official Website:

Non-Official:

Versi mana yang bagus untuk Saya?

Seperti ulasan yang sudah di tulis di atas. Bila Anda seorang profesional silahkan menggunakan SketchUp Pro. Bila Anda hanya menggunakan untuk hobi atau bermain-main. Anda bisa menggunakan versi gratisnya.

Versi gratispun sudah mencukupi bila tujuannya adalah pemodelan 3D saja. Tidak terlalu pengaruh juga dengan versi Pro. Namun bila tujuan Anda untuk proyek nyata. SketchUp Pro adalah pilihan terbaik untuk seorang profesional.

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas tentu sudah terlihat jelas. SketchUp mengeluarkan dua versi SketchUp. Untuk profesional menggunakan SketchUp Pro. Untuk hobi atau belajar menggunakan SketchUp Make.

Sebagian besar orang tentu sudah cukup menggunakan SketchUp Make. Tujuannya adalah untuk mendalami program sebelum beralih ke SketchUp Pro. Tentu dengan demikian ada kesempatan menjajal kemampuan SketchUp. Apakah SketchUp benar-benar software yang cocok sebagai partner kerja.

Versi SketchUp apa yang sedang Anda gunakan sekarang? Seberapa manfaat untuk membantu pekerjaan Anda? Tinggalkan di kolom kometar ya!

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 1 vote
Peringkat Artikel
Subscribe
Beri tahu
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments