Quantifier Pro

Quantifier Pro merupakan Ekstensi SketchUp untuk pekerjaan estimasi biaya. Quantifier Pro sendiri merupakan update dari PB Quantifier. Bila Anda sebelumnya mengunakan Profile Builder 2 tentunya sudah mengenal PB Quantifier. Pada seri terbaru ini banya update yang dibuat oleh Mind Sight Studios. Artikel ini akan mengulas apa saja update tersebut. Apakah Quantifier Pro bisa membantu mengerjakan Rencana Anggaran Biaya? Simak detial ulasannya.

 

Quantifier Pro

Quantifier Pro Icon
Quantifier Pro

Di versi terbaru ini Anda akan mendapatkan banyak update. Wahyues GROUP sendiri di berikan kesempatan untuk menguji cobanya secara penuh. Sangat luar biasa proses perhitungan dari Quantifier Pro ini. Anda tidak lagi melakukan perhitungan secara manual dalam hal pekerjaan estimasi biaya.

Quantifier Pro Dialog
Dialog

Anda yang bekerja di Quantity Surveyor atau yang berkecimpung sebagai estimator. Dengan Quantifier Pro tentunya sangat terbantu sekali. Walaupun hanya untuk menghitung volume sebuah model bangunan. Perhitungan Volume m3, Luas m2, Panjang m’ dan juga objek dalam satuan buah.

Dengan menggabungkan 3D Model SketchUp yang langsung memberikan hasil perhitungan akurat. Pekerjaan Quantity Surveyour akan jauh lebih ringan di banding perhitungan manual. Dengan pemodelan yang baik sesuai standart BIM maka segala sesuatunya akan mudah.

Anda yang mungkin selama ini menghitung volume secara manual. Harusnya sudah melirik ekstensi ini untuk di adopsi pada pekerjaan Anda. Punya AHSP sendiri? Jangan khawatir, Anda bisa memasukkannya secara otomatis. Atau ingin menggunakan seri PUPR? Sangat bisa sekali dan mudah dilakukan dengan Quantifier Pro.

1. Fitur

Quantifier Pro bisa disebut juga plugin RAB SketchUp yang memiliki fitur menarik. Apa saja fitur menarik tersebut? Berikut beberapa fitur menarik yang Anda dapatkan saat menggunakan Quantifier Pro.

1.1 Menghitung Area atau Luas

Hitung luas dinding untuk mencari kebutuhan cat, plesteran, wallpaper. Hitung luas atap untuk mengetahui jumlah genteng dan cat seperti pelapis anti bocor. Hitung luas lantai untuk memasang keramik, memasang paving, memasang rabat dan lainnya.

Khusus untuk mebel atau furniture atau woodworking juga bisa sangat membantu. Menghitung kebutuhan HPL, kebutuhan Triplek, kebutuhan Lem dan lainnya.

Quantifier Pro akan menghasilkan laporan instan langsung pada SketchUp. Setiap perubahan pada model yang Anda buat juga akan langsung di kalkulasikan.

1.2 Menghitung Volume

Volume menggunakan satuan kubikasi atau m3 karena padat. Isi dari sebuah bidang atau model yang ada dan menghasilkan satuan m3. Pada SketchUp sendiri memiliki Entity Info untuk mengetahui Volume. Namun permasalahannya adalah hanya satu bidang saja atau hanya satu kesatuan.

Dengan Quantifier Pro Anda bisa menghitung secara berkelompok langsung sesuai model. Anda tinggal fokus pada pemodelan dan sisanya Quantifier Pro yang menghitung.

1.3 Menghitung Berat

Besi beton memiliki berat jenis yang bisa dihitung secara total atau keseluruhan. Artinya saat Anda membuat model 3D semisal saja besi tulangan. Anda hanya memasukkan berat jenisnya saja dan biarkan Ekstensi ini menghitungnya. Bila Anda biasanya menghitung secara manual. Hal ini tidak akan terjadi lagi di SketchUp.

Quantifier Pro sudah bisa menghitungnya dalam berbagai satuan berat. Pekerjaan Anda tentunya semakin cepat dan tidak lagi perlu menghitung secara manual.

1.4 Menghitung Panjang

SketchUp sudah bisa menghitung panjang dengan Generate Report bawaan. Juga bisa dengan menggunakan Entity Info yang di sertakan. Namun dalam hal kemudahan Quantifier Pro bisa lebih di andalkan. Semisal panjang besi beton yang Anda perlukan dalam sebuah proyek. Panjang, berat dan harga bisa langsung di hitung.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengelompokkan sesuai nama objek. Anda bisa mengelompokkan sesuai penamaan layernya, sesuai peruntukannya dan lain sebagainya.

1.5 Laporan Estimasi Biaya Sesuai SNI

Indonesia memiliki standart dalam hal perhitungan Analisis Harga Satuan Pekerjaan. Tertuang dalam aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian PUPR. Tentu ini sangat membantu sekali saat menggunakan Quantifier Pro. Bila pada seri PB Quantifier Anda harus memasukkan secara manual pada setiap model. Di seri Quantifier Pro hal tersebut tidak ada lagi. Anda tinggal input secara otomatis semua analisa yang ada.

Tidak hanya analisa saja yang bisa dimasukkan, melainkan harga satuan pekerjaanpun bisa dimasukkan. Wahyues GROUP sudah menyediakannya dalam format .xlsx siap pakai. Jadi setiap pembeli license resmi bisa download Analisis Harga Satuan Pekerjaan. Analisis yang di sediakan cukup lengkap mulai SNI 2008 sampai AHSP 2018.

Analisis Harga Satuan Pekerjaan inipun akan di update sesuai peraturan Kementrian PUPR. Semua analisa yang tersedia bisa di download gratis oleh pemilik license resmi.

2. Input Data

2.1 Layer$

Quantifier Pro Data Biaya Layer
Data Biaya Layer

Bila Anda melihat pada gambar Dialog Quantifier Pro terdapat Layer$. Saat Anda klik maka akan muncul lembar kosong seperti gambar di atas. Namun gambar di atas sudah di input Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Bila Anda melihat gambar di atas terdapat beberapa kolom. Penjelasan masing-masing kolom sebagai berikut

Kode – Kode ini bisa Anda isi sesuai dengan kustom yang Anda inginkan. Tidak ada patokan pasti untuk mengisinya. Dalam contoh di atas A 442-3 merupakan kode dari AHSP Cipta Karya. A 442-3 merupakan analisa untuk Pemasangan 1m2 Plesteran. Anda bisa mengisi kode ini dengan gabungan analisa yang Anda buat sendiri.

Deskripsi – Anda bisa memberikan deskripsi dari kode yang Anda buat. Dalam gambar di atas tertulis nama-nama dalam AHSP Cipta Karya. Pekerja, Mandor, Kepala Tukang, Semen dan lainnya.

Input – Pada bagian input terdapat beberapa satuan umum. Diantaranya ft, ft2, ft3, yd3, lb, ton, m, m2, m3, kg dan tonne yang umum dipakai. Untuk Indonesia sendiri satuan yang umum adalah ton, m, m2, m3, dan kg. Bila Anda melihat pada gambar diatas satuan yang digunakan adalah m2. Yup, kode AHSP A 442-3 merupakan kode pemasangan plesteran dengan satuan m2.

Faktor – Disinilah Anda menuliskan koefisien untuk masing-masing item pekerjaan. Anda tinggal membuka AHSP dan sesuaikan nilainnya. Atau bila Anda memiliki analisa koefisien sendiri bisa Anda masukkan juga.

Satuan – Berbeda dengan Input, Satuan adalah untuk setiap item yang ada. Contoh pekerja satuan umumnya adalah Orang Hari (OH). Contoh lainnya Semen Portland satuannya adalah Kg atau Zak. Jadi sesuaikan dengan data AHSP yang Anda miliki.

Biaya Satuan – Tempat dimana Anda menuliskan harga satuan masing-masing item. Contoh harga untuk upah tukang di tempat Anda. Contoh lain harga semen di tempat Anda bisa dituliskan dibagian ini.

Limbah% – Pada proyek secara kenyataan tentu akan ada kelebihan dari perhitungan. Limbah disini adalah kelebihan dari anggaran atau mark up. Anda bisa mengisikannya disini. Bila mengacu pada AHSP nilainya berkisar 5% – 15% maksimal. Tergantung Anda ingin mengisikannya berapa dan disinilah Anda bisa mengambil keuntungan.

Pajak% – Bila terdapat pajak untuk masing-masing item pekerjaan. Anda tinggal memasukkannya disini dengan nominal yang Anda kehendaki. Andapun juga bisa menggabungkan keduanya antar Limbah dan Pajak.

2.2 Material$

Quantifier Pro Data Biaya Material
Data Biaya Material

2.3 Object$

Quantifier Pro Data Biaya Objek
Data Biaya Objek

2.4 Model$

Quantifier Pro Data Biaya Model
Data Biaya Model

3. Laporan

3.1 Laporan Komponen

Quantifier Pro Laporan Komponen
Laporan Komponen

3.2 Laporan Detail Biaya

Quantifier Pro Laporan Detail Biaya
Laporan Detail Biaya

3.3 Laporan Ringkasan Biaya

Quantifier Pro Laporan Ringkasan Biaya
Laporan Ringkasan Biaya

Pada laporan ringkasan biaya inilah Rencana Anggaran Biaya terlihat rinci. Ini merupakan rekap dari hasil RAB SketchUp yang dilakukan. Bila sebelumnya Anda sudah bisa melihat Laporan Detail Biaya. Pada Laporan Ringkasan Biaya semuanya di jadikan satu kesatuan.

Tentu dengan adanya Laporan Ringkasan Biaya ini. Anda semakin mudah mengetahui sub bidang dan total biaya nya. Dengan demikian Anda bisa menjelaskan kepada klien atau kustomer Anda. Bagian-bagian inilah yang memiliki biaya rendah dan memiliki biaya tinggi.

3.4 Laporan Profil

Quantifier Pro Laporan Profil
Laporan Profil

3.5 Laporan Material

Quantifier Pro Laporan Material
Laporan Material

Download Quantifier Pro Crack

Install Quantifier Pro

 

License Permanen Quantifier Pro

License Quantifier Pro secara umum adalah permanen. Artinya Anda akan memilikinya seumur hidup tanpa perlu membayar lagi. Untuk user yang membeli license resminya akan mendapatkan support resmi.

Support di berikan oleh Wahyues GROUP dan Mind Sight Studios secara langsung. Tidak ada batasan waktu dalam support dan bersifat selamanya.

License Quantifier Pro tidak hanya untuk 1 komputer saja. Anda bisa menggunakannya untuk 2 komputer secara bersamaan. Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang membeli untuk kantor.

Kesimpulan

Bila Anda seorang estimator, seorang yang tugasnya menghitung Rencana Anggaran Biaya. Quantifier Pro akan sangat membantu sekali dalam membantu pekerjaan Anda sehari-hari. Anda yang juga sebagai negosiator proyek juga sangat terbantu.

Seorang arsitek atau sipil yang proyeknya bisa di approve oleh pemilik proyek. Dengan bantuan Quantifier Pro bisa dengan cepat dalam menghitung perubahan estimasi biaya.

Ya, hampir semuanya mencakup proyek-proyek di atas. Sipil, Arsitek, Woodworking/Membel, Konstruksi Baja dan proyek lainnya. Hampir semua bidang ilmu yang membutuhkan perhitungan cepat akan terbantu.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa Quantifier Pro yang kami gunakan original license. Mungkin Anda sedang mencari Quantifier Pro Crack namun bukan disini tempatnya. Banyak pelatihan yang kami berikan bagi yang tidak menggunakan Quantifier Pro Crack.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 1 vote
Peringkat Artikel
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments