Quantifier Pro Link Download dan Panduan Cara Install
Bagikan ini:

Waktu Membaca: 12 menit

Quantifier Pro merupakan Ekstensi SketchUp untuk pekerjaan estimasi biaya. Ekstensi ini sendiri merupakan update dari PB Quantifier. Bila Anda sebelumnya mengunakan Profile Builder 2 tentunya sudah mengenal PB Quantifier. Pada seri terbaru ini banyak update yang dibuat oleh MindSight Studios. Artikel ini akan mengulas apa saja update tersebut. Apakah ekstensi ini bisa membantu mengerjakan Rencana Anggaran Biaya?

Quantifier Pro

Quantifier Pro Icon
Quantifier Pro

Di versi terbaru ini Anda akan mendapatkan banyak update. Wahyues GROUP sendiri di berikan kesempatan untuk menguji cobanya secara penuh. Sangat luar biasa proses perhitungan dari Quantifier Pro ini. Anda tidak lagi melakukan perhitungan secara manual dalam hal pekerjaan estimasi biaya.

Quantifier Pro Dialog
Dialog

Anda yang bekerja di Quantity Surveyor atau yang berkecimpung sebagai estimator. Dengan Quantifier Pro tentunya sangat terbantu sekali. Walaupun hanya untuk menghitung volume sebuah model bangunan. Perhitungan Volume m3, Luas m2, Panjang m’ dan juga objek dalam satuan buah.

Dengan menggabungkan 3D Model SketchUp yang langsung memberikan hasil perhitungan akurat. Pekerjaan Quantity Surveyour akan jauh lebih ringan di banding perhitungan manual. Dengan pemodelan yang baik sesuai standart BIM maka segala sesuatunya akan mudah.

Anda yang mungkin selama ini menghitung volume secara manual. Harusnya sudah melirik ekstensi ini untuk di adopsi pada pekerjaan Anda. Punya AHSP sendiri? Jangan khawatir, Anda bisa memasukkannya secara otomatis. Atau ingin menggunakan seri PUPR? Sangat bisa sekali dan mudah dilakukan dengan Quantifier Pro.

1. Fitur

Quantifier Pro bisa disebut juga plugin RAB SketchUp yang memiliki fitur menarik. Apa saja fitur menarik tersebut? Berikut beberapa fitur menarik yang Anda dapatkan saat menggunakan Quantifier Pro.

1.1 Menghitung Area atau Luas

Hitung luas dinding untuk mencari kebutuhan cat, plesteran, wallpaper. Hitung luas atap untuk mengetahui jumlah genteng dan cat seperti pelapis anti bocor. Hitung luas lantai untuk memasang keramik, memasang paving, memasang rabat dan lainnya.

Khusus untuk mebel atau furniture atau woodworking juga bisa sangat membantu. Menghitung kebutuhan HPL, kebutuhan Triplek, kebutuhan Lem dan lainnya.

Quantifier Pro akan menghasilkan laporan instan langsung pada SketchUp. Setiap perubahan pada model yang Anda buat juga akan langsung di kalkulasikan.

1.2 Menghitung Volume

Volume menggunakan satuan kubikasi atau m3 karena padat. Isi dari sebuah bidang atau model yang ada dan menghasilkan satuan m3. Pada SketchUp sendiri memiliki Entity Info untuk mengetahui Volume. Namun permasalahannya adalah hanya satu bidang saja atau hanya satu kesatuan.

Dengan Quantifier Pro Anda bisa menghitung secara berkelompok langsung sesuai model. Anda tinggal fokus pada pemodelan dan sisanya Quantifier Pro yang menghitung.

1.3 Menghitung Berat

Besi beton memiliki berat jenis yang bisa dihitung secara total atau keseluruhan. Artinya saat Anda membuat model 3D semisal saja besi tulangan. Anda hanya memasukkan berat jenisnya saja dan biarkan Ekstensi ini menghitungnya. Bila Anda biasanya menghitung secara manual. Hal ini tidak akan terjadi lagi di SketchUp.

Quantifier Pro sudah bisa menghitungnya dalam berbagai satuan berat. Pekerjaan Anda tentunya semakin cepat dan tidak lagi perlu menghitung secara manual.

1.4 Menghitung Panjang

SketchUp sudah bisa menghitung panjang dengan Generate Report bawaan. Juga bisa dengan menggunakan Entity Info yang di sertakan. Namun dalam hal kemudahan Quantifier Pro bisa lebih di andalkan. Semisal panjang besi beton yang Anda perlukan dalam sebuah proyek. Panjang, berat dan harga bisa langsung di hitung.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengelompokkan sesuai nama objek. Anda bisa mengelompokkan sesuai penamaan layernya, sesuai peruntukannya dan lain sebagainya.

1.5 Laporan Estimasi Biaya Sesuai SNI

Indonesia memiliki standart dalam hal perhitungan Analisis Harga Satuan Pekerjaan. Tertuang dalam aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian PUPR. Tentu ini sangat membantu sekali saat menggunakan Quantifier Pro. Bila pada seri PB Quantifier Anda harus memasukkan secara manual pada setiap model. Pada seri Quantifier Pro hal tersebut tidak ada lagi. Anda tinggal input secara otomatis semua analisa yang ada.

Tidak hanya analisa saja yang bisa dimasukkan, melainkan harga satuan pekerjaanpun bisa dimasukkan. Wahyues GROUP sudah menyediakannya dalam format .xlsx siap pakai. Jadi setiap pembeli license resmi bisa download Analisis Harga Satuan Pekerjaan. Analisis yang di sediakan cukup lengkap mulai SNI 2008 sampai AHSP 2018.

Analisis Harga Satuan Pekerjaan inipun akan di update sesuai peraturan Kementrian PUPR. Semua analisa yang tersedia bisa di download gratis oleh pemilik license resmi.

2. Input Data

Quantifier Pro Input Data

Pada Quantifier Pro terdapat empat menu untuk melakukan input data sesuai ASHP SNI. Anda bisa menyesuaikan dengan peruntukannya dan tentunya sesuai dengan satuan dan fungsi model.

Empat menu tersebut adalah:

  • Layers$
  • Material$
  • Object$
  • Model$

2.1 Layer$

Quantifier Pro Data Biaya Layer
Data Biaya Layer

Bila Anda melihat pada gambar Dialog Quantifier Pro terdapat Layer$. Saat Anda klik maka akan muncul lembar kosong seperti gambar di atas. Namun gambar di atas sudah di input Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Bila Anda melihat gambar di atas terdapat beberapa kolom. Penjelasan masing-masing kolom sebagai berikut

Kode – Kode ini bisa Anda isi sesuai dengan kustom yang Anda inginkan. Tidak ada patokan pasti untuk mengisinya. Dalam contoh di atas A 442-3 merupakan kode dari AHSP Cipta Karya. A 442-3 merupakan analisa untuk Pemasangan 1m2 Plesteran. Anda bisa mengisi kode ini dengan gabungan analisa yang Anda buat sendiri.

Deskripsi – Anda bisa memberikan deskripsi dari kode yang Anda buat. Dalam gambar di atas tertulis nama-nama dalam AHSP Cipta Karya. Pekerja, Mandor, Kepala Tukang, Semen dan lainnya.

Input – Pada bagian input terdapat beberapa satuan umum. Diantaranya ft, ft2, ft3, yd3, lb, ton, m, m2, m3, kg dan tonne yang umum dipakai. Untuk Indonesia sendiri satuan yang umum adalah ton, m, m2, m3, dan kg. Bila Anda melihat pada gambar diatas satuan yang digunakan adalah m2. Yup, kode AHSP A 442-3 merupakan kode pemasangan plesteran dengan satuan m2.

Faktor – Disinilah Anda menuliskan koefisien untuk masing-masing item pekerjaan. Anda tinggal membuka AHSP dan sesuaikan nilainnya. Atau bila Anda memiliki analisa koefisien sendiri bisa Anda masukkan juga.

Satuan – Berbeda dengan Input, Satuan adalah untuk setiap item yang ada. Contoh pekerja satuan umumnya adalah Orang Hari (OH). Contoh lainnya Semen Portland satuannya adalah Kg atau Zak. Jadi sesuaikan dengan data AHSP yang Anda miliki.

Biaya Satuan – Tempat dimana Anda menuliskan harga satuan masing-masing item. Contoh harga untuk upah tukang di tempat Anda. Contoh lain harga semen di tempat Anda bisa dituliskan dibagian ini.

Limbah% – Pada proyek secara kenyataan tentu akan ada kelebihan dari perhitungan. Limbah disini adalah kelebihan dari anggaran atau mark up. Anda bisa mengisikannya disini. Bila mengacu pada AHSP nilainya berkisar 5% – 15% maksimal. Tergantung Anda ingin mengisikannya berapa dan disinilah Anda bisa mengambil keuntungan.

Pajak% – Bila terdapat pajak untuk masing-masing item pekerjaan. Anda tinggal memasukkannya disini dengan nominal yang Anda kehendaki. Andapun juga bisa menggabungkan keduanya antar Limbah dan Pajak.

Konsep penggunaan Layer$ adalah dengan menggunakan Analisis Harga Satuan Pekerjaan. Ya, Anda bisa memasukkan AHSP utuh sesuai pekerjaan yang ada pada bagian ini. Anda bisa menggabung AHSP yang memiliki satuan sama.

Maksud dari satuan yang sama adalah Input pada Layer$ memiliki satuan yang sama. Contoh bila Input satuan adalah m2, maka Anda bisa menggabungkan AHSP lain. Dalam hal ini satuannya juga harus sama m2.

Contoh di atas adalah

  • Pemasangan 1m2 Plesteran
  • Pemasangan 1m2 Acian

Anda bisa mengabung disatu Layer$ karena volumenya dalah sama atau serupa. Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak bisa memasukkan Cat Dinding. Karena Cat Dinding masuk dalam Material$ pada SketchUp.

2.2 Material$

Quantifier Pro Data Biaya Material
Data Biaya Material

Formulir isian dari Material$ adalah serupa dengan yang ada di Layer$. Namun bila Anda perhatikan ada yang berbeda disini pada bagian Berat. Pada Material$ tidak terdapat input berat dan hanya input AHSP saja.

Model atau objek yang memiliki material atau texture dari SketchUp. Material atau texture atau warna pada model dihitung pada bagian Material$.

2.3 Object$

Quantifier Pro Data Biaya Objek
Data Biaya Objek

 

2.4 Model$

Quantifier Pro Data Biaya Model
Data Biaya Model

3. Laporan

3.1 Laporan Komponen

Quantifier Pro Laporan Komponen
Laporan Komponen

Laporan komponen memberikan informasi tentang model yang ada pada SketchUp. Laporan ini sesuai dengan objek apa saja yang ada di SketchUp. Anda bisa melihat volume dari masing-masing model di sini.

Tentunya Anda harus melakukan filter mana yang Anda butuhkan dan tidak dibutuhkan. Untuk saat itu fitur dari Quantifier Pro memang cukup terbatas. Namun akan dikembangkan sesuai masalah yang terjadi di lapangan.

3.2 Laporan Detail Biaya

Quantifier Pro Laporan Detail Biaya
Laporan Detail Biaya

Laporan detail biaya bisa dikatakan adalah AHSP yang sudah Anda input. Analisis Harga Satuan Pekerjaan atau AHSP dilaporkan detail. Tergantung dari pemberian kode yang Anda gunakan untuk pekerjaan Anda sendiri.

Dalam contoh yang diberikan oleh Wahyues GROUP. Kode yang digunakan berasal dari AHSP Kementrian PUPR. Hal ini sebagai edukasi kepada pengguna Quantifier Pro.

3.3 Laporan Ringkasan Biaya

Quantifier Pro Laporan Ringkasan Biaya
Laporan Ringkasan Biaya

Pada laporan ringkasan biaya inilah RAB SketchUp terlihat rinci. Ini merupakan rekap dari hasil RAB SketchUp yang dilakukan. Bila sebelumnya Anda sudah bisa melihat Laporan Detail Biaya. Pada Laporan Ringkasan Biaya semuanya di jadikan satu kesatuan.

Tentu dengan adanya Laporan Ringkasan Biaya ini. Anda semakin mudah mengetahui sub bidang dan total biaya nya. Dengan demikian Anda bisa menjelaskan kepada klien atau kustomer Anda. Bagian-bagian inilah yang memiliki biaya rendah dan memiliki biaya tinggi.

Laporan RAB SketchUp yang dihasilkan oleh Quantifier Pro masih bisa diproses lagi. Anda bisa menggunakan Microsoft Excel untuk mengolahnya lebih lanjut.

3.4 Laporan Profil

Quantifier Pro Laporan Profil
Laporan Profil

Laporan profile hanya bisa Anda gunakan bila Anda menggunakan Profile Builder. Laporan ini memang khusus untuk melihat perhitungan dari model Profile Builder. Jadi, bila Anda tidak menggunakan Profile Builder maka hitungan akan diabaikan.

3.5 Laporan Material

Quantifier Pro Laporan Material
Laporan Material

Material yang Anda gunakan pada model SketchUp akan diinformasikan. Bila Anda menggunakan penamaan yang baik dan rapi. Anda akan melihat nama material diurutkan berdasarkan penamaan yang Anda buat.

Material di sini artinya adalah texture atau warna yang melekat pada model. Bila Anda mengartikan material di sini seperti seman, kerikil atau sejenisnya itu salah.

4. Download Quantifier Pro

Bila Anda sedang mencari Crack Quantifier Pro SketchUp atau Quantifier Pro License Permanen. Di artikel ini terdapat seri uji cobanya sebelum Anda menggunakannya secara penuh. Anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk melihat kemampuan Quantifier Pro.

Proses download Quantifier Pro juga tidak terlalu sulit dan kami sudah memberikan panduannya. Ikuti panduan lengkap yang sudah kami tulisa di bawah. Nantinya Anda mendapatkan installer dan juga license uji coba selama 30 hari.

Jika Anda tidak ingin menonton tutorial video, maka Anda dapat terus membaca versi teks di bawah ini:

Tahapan Download Quantifier Pro

  1. Yang harus Anda lakukan sekarang hanya melakukan klik tombol download di bawah.
    Catatan

    Link download akan dikirimkan ke email yang Anda tulis di atas.

  2. Anda akan di arahkan ke halaman EULA atau End-User License Agreement. Anda bisa membacanya terlebih dahulu atau meninggalkannya dan klik Accrept.
    EULA Mind Sight Studios
    EULA MindSight Studios
  3. Setelah Anda melakukan klik Accept, maka Anda akan di arahkan ke tampilan berikut
    Quantifier Pro Checkout
    Quantifier Pro Checkout
  4. Setelah Anda melakukan klik Checkout, maka Anda akan di arahkan ke tampilan berikut
    Customer Info Mind Sight Studios
    Customer Info MindSight Studios
    1. First Name – Isi dengan nama depan Anda
    2. Last Name – Isi dengan nama terkhir Anda
    3. Email Address – Isi dengan alamat Email Anda
    4. Retype Email –  Isi ulang dengan alamat Email Anda.
    Pastikan Anda mengisi dengan alamat Email yang valid dan benar-benar Anda gunakan. License dan install dari Ekstensi akan dikirim melalui Email. Pastikan juga memeriksa Junk folder atau Spam folder nantinya. Terkadang Email tidak masuk ke Inbox pada kasus-kasus tertentu. Anda juga bisa memberi centang Send me occasional news and special offers. Untuk mendapatkan update informasi terbaru dan penawaran dari MindSight Studios
  5. Setelah Anda melakukan klik Next, maka Anda akan di arahkan ke tampilan berikut
    Order Summary Mind Sight Studios
    Order Summary MindSight Studios
  6. Langkah terakhir adalah dengan Submit Order maka semua proses sudah selesai
    Pesan Terima Kasih Mind Sight Studios
    Pesan Terima Kasih MindSight Studios

Semua proses untuk download Quantifier Pro sudah berakhir. Pada gambar di atas, Anda di beri ucapan dan informasi. Bahwa Anda akan menerima Email dan Instruksi untuk Download.

Tahapan Install dan Aktivasi Quantifier Pro

Sekarang harusnya Anda sudah menerima email dari MindSight Studios. Berisikan informasi seputar License Key dan License Type dari Quantifier Pro. Anda juga mengetahui kapan license akan berakhir. Di ketahui bahwa Quantifier Pro memberikan uji coba gratis selama 30 hari sejak daftar.

Email Quantifier Pro
Email Quantifier Pro

Untuk tahapan install pastikan sudah download Quantifier Pro terlebih dahulu. Bisa mengikuti link yang ada pada email atau bisa mengisi email di form berikut:

Untuk proses Install nya cukup mudah. Silahkan membaca panduan kami di artikel Cara Install Plugin atau Ekstensi SketchUp. Panduan tersebut dibuat sangat detail dan lengkap dan pastinya Anda mudah mengikutinya.

Proses Aktivasi Quantifier Pro

  1. Pada SketchUp buka ExtensionsQuantifier ProLicense..
    License Quantifier Pro
    License Quantifier Pro

     

  2. Akan muncul menu License Manager: Quantifier Pro dan Klik Add License..
    License Manager Quantifier Pro
    License Manager Quantifier Pro
  3. Anda akan medapati form Activate License: Quantifier Pro dan isi sesuai informasi pada email yang sudah Anda terima. Klik Activate License.. bila sudah di isi
    Activate License Quantifier Pro
    Activate License Quantifier Pro
  4. Tugas Andapun selesai untuk proses aktivasi dan Anda akan menerima pesan “Trial License found.” Klik OK
    Trial License found.
    Trial License found.

Pada License Manager: Quantifier Pro sekarang sudah ada perbedaan. Semua informasi yang ada di email sudah tersedia cukup jelas. Sekarang Anda bisa menggunakan Quantifier Pro dengan masa uji coba selama 30 hari.

License Manager Quantifier Pro Trial
License Manager Quantifier Pro Trial

Bila selama 30 hari masa uji coba dan dirasa Quantifier Pro bermanfaat. Anda bisa membeli license permanennya untuk pemakaian selamanya.

5. Cara Melakukan Recover License Quantifier Pro

Tujuan dari melekukan recover License Quantifier Pro adalah untuk mendapatkan license kembali. Artinya bila license yang Anda dapatkan saat pertama kali membeli hilang dari email. Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk mendapatkannya.

Cara mendapatkannya kembali cukup mudah dan kami jelaskan dibawah ini.

  1. Akses link pada ⇒ Recover License Information
  2. Isi data sesuai dengan data Anda secara pribadi.
    Email: isi dengan alamat email Anda
    Product: pilih Quantifier Pro
    Recover License Information Quantifier Pro
    Recover License Information Quantifier Pro
  3. Setelah Anda mengisi formulir di atas sekarang klik ⇒ Submit. Periksa email Anda setelahnya dan bila tidak ada pada inbox pastikan memeriksa spam folder atau junk folder.

6. Cara Membeli Quantifier Pro License Permanen

Bila Anda berminat membeli Quantifier Pro License Permanen dan resmi. Kami memiliki beberapa cara atau opsi sesuai dengan ke inginan Anda tentunya. Silahkan membeli melalui beberapa cara berikut ini:

Membeli Langsung Melalui MindSight Studios

MindSight Studios merupakan perusahaan pemilik produk Quantifier Pro. Anda bisa saja langsung membeli melalui mereka secara langsung. Yang perlu diperhatikan adalah mereka tidak menerima pembayaran dalam bentuk Rupiah.

Sebelum melakukan pembelian melalui MindSight Studios pastikan Anda memiliki VISA. Namun bila Anda memiliki Paypal juga bisa karena merupakan pilihan pembayaran. Proses pembelian langsung tidak memerlukan waktu lama hanya hitungan menit.

Bila Anda memiliki akun Jenius BTPN bisa langsung menggunakannya untuk proses transaksi. Apa itu Jenius BTPN dan kegunaannya dalam hal transaksi. Anda bisa membacanya pada artikel Jenius BTPN Memudahkan Bisnis dan Transaksi Perbankan.

Perlu Anda perhatikan dan pahami terlebih dahulu. Bila Anda membeli langsung tentu dukungan yang diberikan langsung dari mereka. Anda tentunya harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris untuk konsultasi.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah Anda tidak akan menerima database untuk kawasan Indonesia. Yang mereka jual hanyakan Ekstensi Quantifier Pro saja. Bila Anda berminat membeli langsung, silahkan klik tombol di bawah:

Membeli Melalui Bukalapak

Membeli Melalui Tokopedia

Membeli Melalui Shopee

Membeli Melalui Wahyues GROUP

Pembelian langsung melalui website Wahyues GROUP jauh lebih sederhana. Anda tidak akan terkena biaya pengiriman untuk expedisi. Sejatinya sebuah software kecil akan dikirim hanya melalui Email. Begitu pula saat Anda membeli melalui Tokopedia, Bukalapak atau Shopee.

Melui pembelian langsung di website, Anda tinggal menunggu beberapa menit saja. Anda bisa langsung menggunakan dan validasi license. Cepat, murah dan mudah hanya tersedia melalui website Wahyues GROUP.

Bila Anda ingin membeli secara langsung di website Wahyues GROUP. Cacaranya cukup mudah, Anda tinggal klik tombol di bawah ini.

Quantifier Pro Untuk Siapa?

Kesimpulan

Bila Anda seorang estimator, seorang yang tugasnya menghitung Rencana Anggaran Biaya. Quantifier Pro akan sangat membantu sekali dalam membantu pekerjaan Anda sehari-hari. Anda yang juga sebagai negosiator proyek juga sangat terbantu.

Seorang arsitek atau sipil yang proyeknya bisa di approve oleh pemilik proyek. Dengan bantuan Quantifier Pro bisa dengan cepat dalam menghitung perubahan estimasi biaya.

Ya, hampir semuanya mencakup proyek-proyek di atas. Sipil, Arsitek, Woodworking/Mebel, Konstruksi Baja dan proyek lainnya. Hampir semua bidang ilmu yang membutuhkan perhitungan cepat akan terbantu.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa Quantifier Pro yang kami gunakan original license. Mungkin Anda sedang mencari Quantifier Pro Crack namun bukan disini tempatnya. Banyak pelatihan yang kami berikan bagi yang tidak menggunakan Quantifier Pro Crack.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

4.9 10 votes
Peringkat Artikel


Bagikan ini:
Subscribe
Beri tahu
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Komentar
Terbaru
Rertua Terbanyak dipilih
Inline Feedbacks
View all comments
Rahma noor mala
Rahma noor mala
4 bulan lalu

plugin sketchup keren ini untuk perhitungan rencana anggaran biaya. ya walaupun bahasa inggris juga sih paling nggak mudahin banget dalam hitung volume karena nggak perlu kerja dua kali.

volume bisa digenerate langsung dan diexport ke excel. waw banget. baru nyobain sih

Wahyues GROUP
Membalas ke  Rahma noor mala
4 bulan lalu

sungguh senang kami mengetahuinya dan kakak sudah mencobanya