Profile Builder 2

Profile Builder 2 adalah extensi untuk SketcUp yang membantu Anda mengoptimasikan alur kerja. Artikel ini adalah ulasan tentang Profile Builder 2. Bertujuan memberi gambaran Anda gambaran umum fitur-fiturnya. Juga tentang kesan pribadi kami tentang fungsinya setelah melakukan experimen. Kami sering berkomunikasi dengan pengembang tentang Profile Builder 2. Sangat menyenangkan respon Dale Martens dari Mind Sight Studios.

Profile Builder 2

Profile Builder 2
Profile Builder 2

Profile Builder 2 di program oleh Mind Sight Studios dari kanada. Di peruntukkan sebagai Extensi bantu BIM SketchUp. Anda yang bekerja di konstruksi tentu akan sangat terbantu sekali. Tidak hanya konstruksi saja, melainkan proyek interior ataupun woodworking.

Setiap pemodelan yang Anda lakukan dengan Profile Builde 2. Menerapkan sistem BIM SketchUp di dalamnya. Anda bisa memodelkan 3D sekaligus menghitung estimasi biayanya. Sudah di sediakan jadi satu kesatuan yaitu PB Quantifier. Jelas fungsinya untuk estimasi biaya on the spot.

1. Download Profile Builder 2

Ketik Email untuk Download

2. Aktivasi Profile Builder 2
3. PB Assembler
4. PB Quantifier
PB Quantifier Icon
PB Quantifier Icon

PB Quantifier merupakan Tools menarik yang terdapat pada Profile Builder 2. Anda bisa menggunakan PB Quantifier untuk menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya) secara langsung. Anda akan terbantu juga bila hanya ingin menghitung volume, luas atau berat. PB Quantifier bisa menghitung volume (m3), luas (m2) dan berat (kg) dengan detail.

PB Quantifier Home
PB Quantifier Home

Andapun bisa menyisipkan AHSP (Analisis Harga Satuan Pekerjaan) sesuai SNI PUPR. Pada menu dan fasilitas PB Quantifier terdapat Report langsung untuk harga. Dengan demikian pekerjaan Anda akan lebih cepat. Anda bisa langsung on the spot mengetahui biaya dalam model yang Anda buat.

PB Quantifier Cost Summary Report
PB Quantifier Cost Summary Report

PB Quantifier juga bisa melakukan Auto Generate RAB langsung di SketchUp. Tentu ini menyenangkan dimana Anda tinggal fokus pada pemodelan 3D. Pada akhir pemodelan, Anda bisa mengetahui volume (m3), luas (m2) dan berat langsung. Anda bisa memanfaatkan untuk menghitung berat besi beton seperti pada kolom atau sloof. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui berapa berat besi beton pada model Anda.

Tidak hanya untuk konstruksi bangunan saja melainkan bidang lain juga. Anda yang bergelut di bidang woodworking juga bisa menggunakannya. Seperti pekerjaan kitchen set ataupun wardrobe dan lainnya. Anda bisa mengetahui berapa kebutuhan bahan dan upah secara langsung.

BIM SketchUp Profile Builder 2

Kesimpulan

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk tutorial video SketchUp. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

5 1 vote
Peringkat Artikel
Subscribe
Beri tahu
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments